Materi Pengantar

Tindakan penjajahan Belanda yang sewenang-wenang terhadap rakyat Indonesia membuat rakyat Indonesia bangkit melakukan perlawanan. Terjadilah pertempuran di berbagai daerah di Indonesia melawan Belanda. Perlawanan rakyat terhadap Belanda masih bersifat kedaerahan. Karena itu muncullan tokoh-tokoh daerah yang memimpin rakyatnya untuk mengusir penjajah, antara lain Kapitan Pattimura, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro dan Pangeran Antasari.

Untuk pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Perjuangan Kapitan Patimura. 
Simak salah satu perjuangan melawan penjajahan berikut!

Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura adalah sebutan untuk Thomas Mattulessy. Ia dilahirkan di Negeri Haria, Pulau Saparua, Maluku, pada tahun 1783. Ia mengalami masa pergantian pemerintahan dari tangan Belanda ke tangan Inggris dalam tahun 1798. Pada masa pemerintahan Inggris, ia masuk dinas militer dan memperoleh pangkat sersan.

Sumber: buku "IPS untuk SD Kelas V, Penerbit Erlangga

Tahun 1816, Belanda kembali berkuasa di Maluku. Penduduk Maluku kembali mengalami penderitaan. Mereka dipaksa melakukan kerja rodi dengan meyerahkan hasil rempah-rempah kepada pemerintah Belanda. Karena tekanan-tekanan tersebut, penduduk Maluku mengangkat senjata untuk membebaskan diri dari penjajahan.

Di bawah pimpinan Kapitan Pattimura, rakyat Saparua berhasil merebut Benteng Duurstede pada tanggal 16 Mei 1817. Semua tentara Belanda yang ada dalam benteng, termasuk Residen Van den Berg tewas oleh serangan rakyat. Pasukan Belanda yang dikirim untuk merebut kembali Benteng Duurstede dapat dikalahkan oleh pasukan Pattimura. Pattimura kemudian meneyerang Benteng Zeelandia di Pulau Haruku. 

Sumber: Koleksi Pribadi

Untuk mengalahkan pasukan Pattimura, pada bulan November 1817, Belanda mendatangkan pasukan dengan jumlah besar dengan persenjataan lengkap dari Jawa. Para pejuang Maluku terdesak. Kapitan Pattimura berhasil ditangkap.

Atas keputusan pengadilan kolonial Belanda, maka pada tanggal 16 Desember 1817, Kapitan Pattimura dihukum gantung. Sebelumnya pemerintah Belanda berusaha mengajak Pattimura untuk bekerjasama, namum pattimura dengan gigih menolak tawaran tersebut. Pattimura menjalani hukuman dari Belanda dengan gagah berani. Atas perjuangannya, Pattimura dianugrahi gelar Pahlawan Kemerdekaan.


Untuk memantapkan pemahaman kalian, simak video berikut!


Sumber, Youtube: Geniora

Quiz

Setelah kalian memahami materi tentang perjuangan Kapitan Pattimura, kerjakan quiz berikut! Ingat, pengerjaan terbatas waktu, jadi usahakan kuasi materi terlebih dahulu.