Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Materi Pengantar

Peredaran Darah pada Manusia

Mengalirnya darah di dalam tubuh disebut sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah dalam tubuh ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Sistem peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis.

Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut.


Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbon
dioksida di seluruh tubuh.

Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan. Sistem peredaran darah besar adalah sebagai berikut.

Alat Utama Peredaran Darah pada Manusia

1. Jantung
Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri.

Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan pemiliknya. Jantung terletak pada rongga dada sebelah kiri, tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.

Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida.

Otot penyusun bilik jantung lebih tebal daripada otot pada serambi jantung. Hal ini disebabkan tugas bilik jantung lebih berat. Tugasnya, yaitu memompa darah keluar dari jantung ke seluruh bagian tubuh.

2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena.

Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.


Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ujung cabang pembuluh terkecil disebut, pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus berdinding tipis dan berpori. Dalam pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran dua zat, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang seluruh pembuluh darah manusia jika dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain dapat mencapai sekitar 160.000 km.


Untuk memantapkan pemahaman kalian, simak video berikut!



Sumber, Youtube: Geniora

Quiz

Setelah kalian memahami materi tentang sistem peredaran darah pada manusia, kerjakan quiz berikut! Ingat, pengerjaan terbatas waktu, jadi usahakan kuasi materi terlebih dahulu.

Post a Comment

6 Comments

  1. setelah mengerjakan kok ga ada nilainya pak....berapa pak nilai sqya...

    ReplyDelete
  2. Jantung manusia terletak di rongga dada sebelah kiri. Pertanyaan saya apakah ada manusia yang jantungnya berada di rongga dada sebelah kanan Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normalnya jantung manusia berada di rongga dada sebelah kiri. Akan tetapi memang ada manusia yang jantungnya berada di rongga dada sebelaha kanan. Pak Pri pernah baca, ada seorang Pria India bernama Yadav yang jantungnya berada di ronga dada sebelah kanan. Pak Pri baca di sini: https://www.dream.co.id/fresh/unik-jantung-pria-ini-berada-di-dada-sebelah-kanan-1605129.html

      Delete